Selasa, 14 Agustus 2018

5 Cara Memilih Sepatu Gunung yang Berkualitas


sepatu safety murah - Jadi seseorang pendaki gunung dibutuhkan mental serta fisik yang kuat dan mesti dapat bertahan hidup. Kenapa? Karena perjalanan mendaki puncak tidak gampang, perlu kesabaran serta ketahanan badan.

Tidak hanya mental serta fisik yang kuat, mendaki gunung juga mesti diperlengkapi dengan fasilitas prasarana mencukupi, yakni alat-alat spesial untuk mendaki gunung, seperti carier atau tas gunung, tali, matras, jas hujan, perlengkapan keamanan yang lain, serta sepatu gunung.

Oh ya, saat kamu pilih sepatu gunung, yakinkan jika type sepatumu pas sesuai dengan medan berat yang akan dilewati. Kamu tidak dapat asal pilih sepatu gunung demikian saja. Ada banyak hal terpenting yang perlu dilihat seperti bahan sepatu, type sepatu, sol sepatu dan lain-lain.

Sepatu gunung yang baik serta berkualitas merupakan sepatu dengan bahan yang tebal serta tidak gampang sobek, sol yang kuat, serta sama dengan medan yang akan dilewati. Sepatu gunung mesti bisa membuat perlindungan kaki supaya tidak cedera waktu pendakian.

Sebelum beli sepatu gunung, sebaiknya kamu lihat terlebih dulu bagaimanakah cara pilih sepatu gunung yang baik serta berkualitas.

1. Bahan

Saat kamu beli satu produk, karena itu lihat dahulu bagaimana kualitas bahan. Yakinkan jika bahan sepatu gunung yang akan kamu beli, nyaman dipakai. Bahan sepatu gunung yang baik umumnya terbuat dari kulit sintetis. Keuntungan bahan sepatu dari kulit sintetis merupakan kuat serta mempunyai aliran yang baik buat kaki.

Akan tetapi berhati-hati bila perawatannya salah, kulit sepatumu akan gampang pecah-pecah. Semestinya jauhi bahan sepatu gunung dari kanvas serta karet karena cepat sobek serta tidak membuat perlindungan kaki.

Tidak hanya bahan sepatu yang terbuat dari kulit sintetis, sepatu gunung harus juga berbentuk anti air atau waterproof, tahan goncangan, serta tidak pengap. Yakinkan jika sepatu gunungmu komplet dengan bantalan di bagian dalam, yakni dibagian leher sepatu supaya nyaman dipakai serta bermanfaat membuat perlindungan pergelangan kaki.

2. Sol Sepatu

Saat pilih sepatu gunung, hal terpenting selanjutnya merupakan sol sepatu. Pilih sepatu gunung dengan punggung yang tambah tinggi supaya bisa menancap dengan baik di permukaan tanah.

Semestinya, pilih sepatu gunung dengan sisi tumit yang besar, lentur, serta kuat, terbuat dari karet atau sintetis. Pilih juga sepatu dengan jahitan kuat serta ikuti bentuk kaki supaya nyaman saat mendaki.

3. Jenis Sepatu

Ada banyak type sepatu gunung yang banyak dipakai, yakni sepatu yang berleher pendek, berleher tengah, serta berleher tinggi. Untuk sepatu gunung berleher pendek, tidak membuat perlindungan mata kaki, hingga dapat mengakibatkan lecet.

Type sepatu berleher pendek biasa dipakai untuk mendaki gunung dengan medan yang mudah atau sebatas olah raga outdoor. Sepatu gunung berleher tengah berarti membuat perlindungan mata kaki akan tetapi tidak keseluruhnya.

Jika sepatu berleher pendek serta berleher tengah dipakai untuk mendaki gunung dengan medan curam serta berat, maka dapat mengakibatkan kaki cedera serta lecet. Sedang type sepatu gunung berleher tinggi, begitu direferensikan buat pendaki gunung karena bisa membuat perlindungan mata kaki keseluruhannya serta akan tidak mengakibatkan lecaet atau cedera.

Sepatu gunung berleher tinggi biasa dipakai untuk mendaki gunung dengan medan yang curam serta berat.

4. Ukuran

Buat beberapa pendaki, disarankan pilih sepatu gunung dengan ukuran semakin besar, supaya memberikan kelonggaran pada kaki untuk dapat berjalan leluasa serta tidak terasa sempit saat dipakai mendaki.

Sepatu gunung adalah salah satunya barang peralatan atau fasilitas yang harus dilihat untuk kenyamanan serta keselamatan kaki. Janganlah lupa gunakan kaos kaki juga ya! Semestinya pakai kaos kaki berbahan wool karena nyaman dipakai serta tebal. Bahan wool begitu menyerap keringat serta akan membuat kakimu jadi hangat.

5. Hati-hati Menjaga Sepatu Gunung

Bila kamu telah memperoleh sepatu yang bagus serta berkualitas, karena itu janganlah lupa untuk merawatnya dengan berhati-hati.

Saat sepatu gunung yang kamu gunakan basah serta kotor, karena itu ada langkah sendiri untuk merawatnya supaya cepat kering. Langkah menjaga sepatu gunung yang basah tidak bisa asal karena akan mengakibatkan sepatu gampang rusak.

Triknya yaitu dengan membiarkan sepatu ada ditempat yang teduh serta biarlah angin mengeringkan sepatunya. Janganlah sesekali menjemur sepatu langsung di bawah cahaya matahari karena akan membuat sepatu jadi keras serta kaku. Selanjutnya, sepatu jadi kurang nyaman dipakai.

Jauhi juga menaruh kaos kaki didalam sepatu, karena tidak baik untuk aliran hawa. Kaos kaki akan membuat sepatu jadi pengap.

0 komentar:

Posting Komentar